Rabu, 12 Agustus 2009

Candi Sambisari

candi sambi sari terletak di desa sambisari, kelurahan purwomartani., kecamatana kalasan, kabupaten seleman. pertama kali di temukan oleh petani yang tidak sengaja menemukan bagian candi pada bulan juli tahun 1966. setelah deteliti ternyata bagian tersebut adalah bagian dari candi candisari yang terkubur di kedalaman tanah sepanjang 6.5meter. tanah tersebut merupakan endapan vulakanis dari gunung merapi.
candi sambisari merupakan candi hindu yang di bangun pada abad 9 masehi. kemudian candi ini menghilang tertimbun lahar gunung merapi. Tahun 1986 pemugaran candi sambisari telah usai.
itu sedikit tentang penemuan candi sambisari selanjutnya aku akan menceritakan candi sambisari melalui gambar yang aku ambil dari perjalananku.
untuk masuk kedalam candi sambisari ini tidaklah gratis. anda di kenakan biaya masuk sebesar Rp. 2000,- untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak di kenakan Rp. 1000,-. di sebelah kiri loket ada pusat informasi untuk. di dalam pusat informasi terdapat gambaran letak dan informasi yang lengkap serta documentasi dari pembangunan dan pemugaran dari candi sambisari. serta terdapat arca.











setelah puas dengan informasi mari kita melihat secara nyata candi tersebut. inilah gambaran candi yang di abadikan lewat camera pinjaman..heheheh

dan mari kita masuk ke dalam melihat pusat dari candi

di sekeliling dari pusat candi ter dapat 3 arca dewa. sebelah utara ada arca dewi durga, di timur ada arca ganesa. dan sebelah selatan ada arca agastya...aku hanya memiliki 2 gamabar arca yaitu ganesa dan dewi durga
serta ada beberapa bagian dari candi yang belum di pasang...

rute mencapai lokasi:
untuk dapat sampai ke lokasi. ..paling enak menggunakan ojek/delman(tp aku pas itu bawa motor sendiri..huehuhe)..karena lokasinya yang jauh dari jalan utama yaitu jalan yogya-solo, sekitar kurang lebih 2 meter masuk ke dalam. sebelumnya dapat ditempuh dengan naik bus jurusan Yogya-Solo sampai kilometer 10 dimana terdapat papan penunjuk jalan menuju candi.

sekian hasil trip ku mengenai candi sambisari..oh ya kalo siang and cuaca normal daearah candi ini lumayan membuat anda bercucuran keringat..

sudahkah anda ke sana??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar